Greetings

Hanya Ingin Bercerita Tentang bikingemuk

logo bikingemuk
#bikingemuk

Setelah cukup lama blog ini dibuat, akhirnya malam ini niat memulai tulisan muncul juga. Sebenarnya udah ada “rumah” di https://www.wennytendean.com, hanya saja ingin tulisan lebih terstruktur jadilah dibuat blog khusus segala sesuatu yang berhubungan dengan penggemukkan (udah #bikinpusing ya kalimat pembukanya (^,^)”).

Bikingemuk disini maksudnya bukan sekedar makan atau kuliner, jalan-jalan (travelling), dan keuangan yang sehat juga #bikingemuk kan?? 😛

Untuk kerjasama maupun invitation bisa dikirim ke email wennyk.tendean@gmail.com.

Baca terus ya artikel-artikel #bikingemuk selanjutnya dan doakan tulisan disini juga dapat #bikingemuk para pembacanya, hihihii. Salam kenal gemukers!! :*

#bikingemuk

logo bikingemuk

Food

Resep LASAGNA Homemade

Akhirnya kesampaian juga bikin salah satu makanan favorit. Dorongan kuat muncul karena ngidam berat sementara mau beli koq harga lumayan mihill ya sekarang dan kurang puas porsinya.

Cara membuatnya mudah tapi agak ribet sedikit karena harus menyiapkan 2 macam saus. Langsung aja ya saya share resepnya.

1. Saus Bolognaise
Bahan:
✔ Daging Giling
✔ Tomat potong kecil2
✔ La Fonte saus bolognaise
✔ Saus Tomat bila diperlukan
✔ Bawang bombay

Cara Membuat:
💬 Panaskan minyak, tumis bawang bombay sampai harum
💬 Masukkan daging giling, tumis hingga matang
💬 Masukkan tomat dan la fonte saus bolognaise
💬 Tambahkan garam, lada, dan saus tomat bila diperlukan
💬 Tunggu sampai meresap dan sisihkan

2. Saus Bechamel
Bahan:
✔ Tepung terigu
✔ Bawang bombay
✔ Susu Full Cream
✔ Pala
✔ Cengkeh
✔ Minyak sayur

Cara Membuat:
💬 Panaskan minyak dan masukkan tepung terigu, aduk hingga tidak menyatu
💬 Tuang susu full cream sedikit demi sedikit hingga mengental dan tidak menggumpal
💬 Tambahkan bawang bombay, pala, cengkeh, gula, lada sesuai selera
💬 Sisihkan

Nah, setelah itu barulah kita buat LASAGNA nya.

Bahan:
✔ Loyang aluminium foil
✔ Keju Mozarella
✔ La Fonte Lasagna
✔ Saus Bolognaise
✔ Saus Bechamel

Cara Membuat:
💬 Olesi loyang dengan saus bechamel hingga rata, lalu olesi saus bolognaise dan keju mozarella, letakkan lembaran lasagna
💬 Lakukan hingga 3-4 lapis seperti tahap 1 (saus bechamel-saus bolognaise-keju mozarella-lasagna)
💬 Masukkan ke dalam oven 180°C selama 15-20 menit
💬 Sajikan dengan doa dan kasih sayang

Happy Cooking Gemukers!

Food

Nasi Tim Sayur

Berawal dari kebingungan saya memberikan sayuran kepada si kecil hingga usianya yang sudah 2 tahun 6 bulan. Membaca beberapa resep dan akhirnya di recook pakai tambahan beberapa bahan. Finally, menemukan cara supaya si hijau sehat bisa termakan si kecil. Gak perlu resep yang ribet, cukup resep bikin nasi tim saja. Yuk lihat bahan-bahannya di bawah ini:

  • Sayuran (boleh brokoli, caisim, pokchoy, dll), kalau saya ditambah dengan wortel juga. Keduanya di blender halus seperti membuat jus.
  • Beras, dicuci bersih
  • Garam, secukupnya
  • Daging ayam potong kotak
  • Jamur kancing/ champion
  • Kecap manis
  • Saus tiram (optional)
  • Lada
  • Bawang putih

Cara Membuat Nasi:

  1. Masak beras bersama dengan jus sayuran sambil terus di aron hingga menyerap. Diamkan hingga agak dingin.
  2. Di tempat terpisah panaskan minyak sayur, tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging ayam dan jamur.
  3. Beri garam, lada, kecap manis, dan saus tiram.
  4. Tambahkan air dan rebus hingga ayam empuk dan bumbu meresap.
  5. Tuangkan ayam jamur secukupnya ke dalam cetakkan tahan panas lalu ambil nasi yang tadi sudah di aron dan padatkan. Lakukan hingga nasi habis.
  6. Kukus nasi kurang lebih 15-20 menit.
  7. Nasi Tim Sayur siap disajikan, boleh ditambahkan mentimun dan tomat, sesuai selera.
  8. Sajikan dengan Doa dan Kasih Sayang :).

Happy Eating!! 💕💕

Food

Oatmeal Cookies with Chocochips

Oatmeal Cookies Chocochips

Bulan ini resepnya masih dengan oatmeal, karena oatmeal adalah salah satu makanan yang harus selalu ada untuk sarapan suami dan anak saya. Ide membuat oatmeal cookies ini sebenarnya karena anak saya sering dikasih cemilan biskuit sama neneknya, padahal saya dan suami sudah wanti-wanti agar tidak terlalu sering diberi biskuit. Alasan utamanya karena kadar gula biasanya tinggi, dan belum tentu bahan-bahannya aman untuk anak usia 2 tahun.

Akhirnya saya terpikirkan untuk membuat oatmeal cookies ini, selain bahannya yang sederhana, pastinya tanpa pengawet dan tanpa gula yang berlebihan.

Bahan-bahan:

  • Oatmeal sesuai selera
  • 100 gr Tepung terigu
  • 125 gr Butter/ margarin (lebih disarankan menggunakan butter)
  • Gula sesuai selera
  • 1 butir telur
  • 125 gr Dark cooking chocolate
  • Garam secukupnya
  • Baking powder
  • Chocochips

Cara Membuat:

  1. Tim butter/ margarin dan dark cooking chocolate hingga mencair, lalu masukkan gula, garam, dan baking powder secukupnya.
  2. Masukkan telur ke dalam tim coklat dan kocok hingga tercampur rata kurang lebih 5 menit.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus di aduk hingga merata.
  4. Campurkan oatmeal dan chocochips, aduk kembali.
  5. Alasi loyang dengan kertas roti dan oleskan mentega secukupnya.
  6. Ambil adonan 2 sdt dan pipihkan di loyang, beri jarak adonan satu dan lainnya. Lakukan hingga selesai.
  7. Oven selama kurang lebih 20-25 menit.
  8. Sajikan dengan doa dan kasih sayang :D.

Selamat mencoba dan semoga suka gemukers!!

Uncategorised

Brownies Oatmeal Coklat

Salah satu kue favorit dan yang gak pernah gagal buatnya yaitu Brownies. Awal kenal brownies itu dengan nama kue bantet (jadi memang kue nya tidak mengembang seperti kue-kue lainnya, sebut saja kue bolu, lapis surabaya, chifon, dan lain sebagainya). Kali ini saya mencoba memodifikasi sedikit pakai oatmeal. Alasannya karena oatmeal selalu tersedia di rumah, dan kadangkala ada celetukkan, “bosan nih makan oatmeal begitu-begitu aja.”

Awalnya sih saya coba bikin cookies oatmeal, sementara untuk brownies oatmeal ini percobaan kedua setelah si cookies. Berikut saya share untuk resepnya ya.

Bahan:

  • 125gr Dark Cooking Chocolate
  • 125gr Mentega
  • 3 sdm Gula pasir
  • Oatmeal sesuai selera
  • 3 bh telur ayam
  • 250gr tepung

Cara Membuat :

      1. Tim dark cooking chocolate dan mentega hingga mencair, lalu masukkan gula pasir.
      2. Di wadah lain kocok lepas telur dan terigu, lalu perlahan campurkan dengan adonan dark cooking chocolate dan oatmeal hingga menyatu seluruhnya.
      3. Oleskan mentega ke loyang dan tuang adonan.
      4. Panggang di oven selama 20-25 menit.
      5. Sajikan dengan doa dan kasih sayang .

Selamat mencoba gemukers!!